Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

Artikel

Manfaat donor darah- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong setiap orang yang sehat untuk mendonorkan darahnya. Satu kantung darah bisa membuat perbedaan besar pada kesehatan seseorang

manfaat donor darah1

yang membutuhkan. Donor darah atau penyumbang darah adalah orang yang mengalami proses pengambilan darah secara sukarela atau pengganti untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah/pengganti untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah (sumber Wikipedia). Selain  membantu orang yang membutuhkan, donor darah pun bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri. Tahukah Anda apa manfaat donor darah bagi kesehatan si pendonor?

 

Berikut 8 manfaat donor darah :

1. Membantu menurunkan risiko kanker
Kelebihan zat besi di dalam tubuh manusia bisa meningkatkan risiko kanker. Dengan mendonorkan darah secara rutin, maka kadar zat besi di dalam tubuh bisa dijaga untuk tetap stabil. Karena itu, penurunan zat besi dalam tubuh bisa membantu menurunkan risiko kanker.

2. Menurunkan risiko kerusakan hati dan pankreas
Kandungan zat besi yang berlebihan dalam tubuh juga bisa meningkatkan risiko kerusakan pankreas dan hati. Dengan donor darah, bisa mengurangi kelebihan zat besi yang pada akhirnya turut membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung
Masih terkait dengan kadar zat besi, dengan donor darah juga bisa mengurangi risiko masalah penyakit jantung, termasuk gangguan irama jantung.

4. Menurunkan berat badan
Donor darah secara rutin membantu membakar kalori ekstra dalam tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan. Sangat bermanfaat untuk mencegah obesitas dan masalah penyakit terkait kegemukan.

5. Melancarkan aliran darah
Sirkulasi darah akan lebih baik ke seluruh tubuh jika rutin menyumbangkan darah. Pada akhirnya, bisa membantu mencegah penyumbatan arteri dan kerusakan pembuluh darah.

6. Merangsang produksi sel darah baru
Donor darah secara rutin juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan karena dengan menyumbangkan darah dapat merangsang produksi sel-sel darah baru.

7. Manfaat psikologis

Tak hanya manfaat secara fisik, donor darah akan memberikan kepuasan secara psikologis karena muncul rasa senang jika darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan hidup seseorang.

****

Baca juga :

Bagaimana Proargi9 membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal dan membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Hari Donor Darah Sedunia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *